Bintan Menerima bantuan Oksigen Konsentrat dari Singapura

Serah Terima Oksigen Konsentrat HOPE Medical Service Singapore dengan Pemerintah Kabupaten Bintan

Pemerintah Kabupaten Bintan menerima bantuan sebanyak 16 unit mesin kesehatan berupa oksigen konsentrat dari HOPE Medical Services Singapura. Bantuan kesehatan ini bertujuan untuk membantu pengendalian pandemik COVID-19 di Kabupaten Bintan. Acara serah terima bantuan unit kesehatan ini secara simbolik dilakukan secara sederhana dan singkat di aula kedatangan penumpang Pelabuhan Feri Bandar Bentan Telani (BBT) di Lagoi.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Bintan, Drs Adi Prihantara hadir untuk menerima sebanyak 16 unit oksigen konsentrat dari HOPE Medical Services Singapura. Sehubungan dengan ini, PT. Bintan Resort Cakrawala (PT. BRC) dan Bintan Resorts Ferries Pte Ltd (BRF) juga membantu dalam memfasilitasi pengiriman bantuan alat kesehatan tersebut dari pihak donatur di Singapura serta melakukan kordinasi acara serah terima ini secara simbolik kepada Pemerintah Kabupaten Bintan.

Terdapat 15 (lima belas) Klinik Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Bintan yang masing – masing akan menerima bantuan alat kesehatan oksigen konsentrat ini. Kemudian, Klinik Pariwisata Lagoi juga akan menerima satu unit Oksigen Konsentrat. Donasi alat kesehatan ini merupakan hasil pemberian dan kordinasi oleh Dokter Charles Johnson dari HOPE Medical Services dengan komunitas pendonor dari Singapura. “Alat kesehatan ini menghasilkan oksigen dengan konsentrasi tinggi untuk membantu menyembuhkan dan menyelamatkan pasien di daerah – daerah pinggiran yang membutuhkan alat bantu pernafasan.” ujar Dokter Charles.

Dr. Charles lebih lanjut menjelaskan bahwa setiap unit mesin oksigen mampu merawat 2 pasien secara bersamaan. Alat kemudian dapat dipakai ulang untuk pasien selanjutnya setelah melalui proses sterilisasi tanpa harus melakukan pengisian ulang oksigen pada tabung. Beliau menambahkan bahwa Timnya dengan senang hati akan memberikan bantuan konsultasi langsung dengan ahli profesional dari Singapura jika diperlukan baik melalui media telepon maupun secara virtual. Adapun Dokter Charles dan HOPE Medical Services telah menjalin kerja sama pelayanan kesehatan dengan Bintan Resorts dalam hal evakuasi pasien ke Singapura saat pegelaran event – event besar yang diadakan di Bintan Resorts seperti Tour de Bintan, Bintan Triathlon dan Ironman Bintan.

Adi Prihantara menyatakan rasa syukur dan terima kasih kepada HOPE Medical Services dan para pendonor lainnya. “Kami sangat apresiasi atas niat baik pemberian donasi alat kesehatan dalam upaya menanggulangi COVID-19 ini, karena nantinya akan menyelamatkan mereka yang dalam kondisi sakit kritis terkait COVID-19, khususnya yang membutuhkan alat bantu pernafasan.” ujarnya. Adi Prihantara juga menambahkan bahwa secara perlahan angka penularan COVID-19 di Kabupaten Bintan semakin menurun. Bantuan alat kesehatan ini akan bermanfaat dan sangat membantu dalam mempercepat penyembuhan masyarakat di Kabupaten Bintan yang masih dalam kondisi perawatan.

Group General Manager PT. BRC, Abdul Wahab juga mengungkapkan bahwa PT. BRC dan BRF Ferries sangat senang dapat membantu memfasilitasi pengiriman alat kesehatan tersebut dari Singapura untuk kepentingan dan kebutuhan serta keselamatan warga Kabupaten Bintan. Abdul menambahkan kita semua juga berharap lewat bantuan ini maka kasus COVID-19 dapat menurun dan terkendali sehingga berpotensi untuk membangkitkan kembali ekonomi pariwisata Bintan untuk pengunjung Internasional khususnya dari Singapura saat border kedua negara sudah dibuka melalui kerja sama Travel Bubble.

Dennis Torio

Bintan Resort Cakrawala

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *