Bupati Melihat Kesiapan Bintan Resorts menuju Fase New Normal

Kunjungan Bupati Bintan melihat kesiapan Bintan Resorts menuju New Normal

bintanresortcakrawala.com: Bupati Bintan, Apri Sujadi bersama Wakil Bupati dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) melakukan kunjungan ke kawasan Pariwisata Bintan Resorts Lagoi. Tujuan dari kunjungan ini adalah dalam rangka melihat langsung kesiapan Bintan Resorts dalam memasuki fase New Normal.

Kunjungan diawali dengan meninjau kesiapan di pintu masuk utama Post 1 Simpang Lagoi. Kemudian kunjungan diteruskan ke pelabuhan Bandar Bentan Telani (BBT) dan fasilitas ruangan isolasi. “Kami sudah meninjau langsung barusan ke Pelabuhan Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi, di sana kami cek standar protokol kesehatan sangat baik. Begitu juga tempat isolasi bagi pekerja yang langsung bersentuhan dengan wisatawan tempatnya sangat memadai,” ujar Apri.

Apri menyampaikan harapan para pelaku usaha pariwisata agar sektor pariwisata Bintan-Singapura segera dibuka dalam menghadapi fase new normal. Tambahnya, Bintan Resorts sudah siap menjadi destinasi yang aman dan menerapkan standar protokol kesehatan yang maksimal. Ada 3 wilayah yang akan menjadi model new normal pariwisata yaitu Bali, Banyuwangi dan Bintan. Namun menurut Menparekraf RI, Bintan paling tepat karena paling dekat dengan negara tetangga yaitu Singapura. “Bintan dekat dengan Singapura, potensi kunjungan wisman juga tinggi. Ini yang membuat Bintan dinilai paling siap,” katanya.

Apri juga berpesan, jika nanti sektor pariwisata di Bintan dibuka, maka para pekerja tidak hanya wajib tinggal di Kawasan Pariwisata Lagoi. Pihak manajemen perusahaan juga wajib memberikan karyawan asupan vitamin yang baik untuk meningkatkan imunitas para pekerja. “Karyawan harus tinggal di dalam (Lagoi) karena berinteraksi langsung dengan wisatawan. Namun saat bekerja, mereka harus ada asupan vitamin agar mereka semangat dan percaya diri,” jelasnya.

Perbincangan dengan Wishnutama Kusubandio – Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif via Zoom Meeting

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke hotel Pantai Indah Holiday Villa yang terletak di kawasan Lagoi Bay. Pada kesempatan ini, Apri Sujadi melakukan diskusi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio melalui media Zoom Meeting. Diskusi dibuka dengan pernyataan Apri Sujadi yakni kawasan pariwisata Bintan Resorts sudah siap memasuki fase New Normal. Penerapan protokol kesehatan telah diberlakukan secara maksimal di setiap pintu masuk, kawasan hotel, wahana permainan dan fasilitas di tempat umum.

Perbincangan dengan Wishnutama Kusubandio – Mentri Pariwisata & Ekonomi Kreatif melalui media Zoom Clouds Meeting

Abdul Wahab selaku Group General Manager PT. Bintan Resort Cakrawala menyampaikan harapannya agar pintu Singapura dan Bintan Resorts dapat dibuka saat fase New Normal diberlakukan. Abdul meyakini bahwa kedatangan pengunjung Singapura akan mencapai 30% dari total penduduk Singapura yang akan masuk ke Bintan Resorts. Abdul menambahkan tahap berikutnya pembukaan pintu domestik untuk Bintan Resorts setelah Singapura. Pintu domestik dapat dimulai dari daerah – daerah di wilayah provinsi Kepulauan Riau yang kemudian diikuti oleh provinsi lainnya.

Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio menekankan bahwa sangat penting sekali untuk menjalankan kembali roda ekonomi. Wishnutama menambahkan bahwa Bintan Resorts sudah siap dengan protokol Kesehatannya dalam memasuki fase New Normal. Mengenai pembukaan border Singapura dan Bintan, Wishnutama menyebutkan bahwa saat ini sedang dilakukan pembahasan antara Kementrian Pariwisata & Ekonomi Kreatif dengan Kementrian Luar Negeri.

“Pasar domestik juga sangat penting sebagai target kunjungan parwisata. Pada tahun 2019, lebih dari delapan juta penduduk Indonesia melakukan perjalanan liburan ke luar negeri. Oleh sebab itu, traveler domestik ini dapat melakukan perjalanan liburan ke destinasi lokal di wilayah Indonesia selama periode Pandemi COVID-19,” jelasnya.

Wishnutama menyebutkan bahwa Kementrian Pariwisata akan bekerja keras untuk membangkitkan kembali industri pariwisata. Dia menambahkan bahwa saat ini sedang dilakukan perbincangan dengan negara Singapura dan negara – negara anggota ASEAN mengenai pembukaan border untuk sektor pariwisata.

“Kami akan melakukan pembicaraan terpisah dengan Pak Bupati, Dinas Pariwisata Bintan dan Pelaku Usaha Pariwisata Bintan lainnya untuk mendiskusikan mengenai fase New Normal di kawasan pariwisata Bintan Resorts,” tutur Wishnutama saat mengakhiri pertemuan via Zoom Meeting tersebut.

2 thoughts on “Bupati Melihat Kesiapan Bintan Resorts menuju Fase New Normal”

  1. Pingback: WAKAPOLDA KEPRI Melihat Kesiapan Bintan Resorts Memasuki Fase New Normal • Bintan Resort Cakrawala

  2. Pingback: Wawancara Tanjungpinang TV • Bintan Resorts Memasuki Adaptasi Baru

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *