Bintan Resorts dan BNPB Nasional Mengembangkan Sistem BluePass Contact Tracking

Bintan Resorts BluePass Contact Tracking

Setelah beberapa minggu menggunakan alat Pelacakan Kontak BluePass untuk karyawan PT. Bintan Resort Cakrawala (BRC), kini Bintan Resorts dan BNPB Nasional mulai mengembangkan sistem Contact Tracking untuk digunakan pada area perbatasan (Border Check Point). Sistem Tracking ini berfungsi untuk memastikan karyawan di kawasan pariwisata Bintan Resorts Lagoi berada pada zonasi yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Sistem Contact Tracking ini dibangun dan dikembangkan dari hasil kerja sama antara BRC dan BNPB Pusat dipimpin oleh Ahmad Alghozi, Pakar Teknologi Informasi BNPB Nasional. Kerja sama ini merupakan sebagai tindak lanjut dari hasil pertemuan dengan DUBES Indonesia untuk Singapura beberapa waktu yang lalu yakni Kawasan Pariwisata Bintan Resorts Lagoi akan dijadikan sebagai pilot project untuk penggunaan alat pelacak kontak BluePass yang merupakan pengembangan alat pelacak kontak dari Singapura selama masa pandemik COVID-19.

Sistem kerja Contact Tracking ini cukup mudah tapi sangat bermanfaat. Di area perbatasan (Border Check Point) akan disediakan sebuah device (QR Code Reader Machine) yang sudah di pasang aplikasi Contact Tracking. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim pakar IT BNPB Pusat Jakarta. Kemudian, petugas keamanan akan melakukan proses pemindai (Scan QR Code) pada BluePass karyawan yang melalui area perbatasan ini. Hasil scanning akan menunjukkan informasi karyawan tersebut bekerja pada zonasi yang mana (Zona Internasional, Zona Khusus atau Zona Domestik). Dengan data ini maka petugas keamanan akan memutuskan apakah karyawan tersebut diperbolehkan masuk ke zona yang dituju atau tidak.

Serangkaian pertemuan dan uji coba sistem Contact Tracking terus dilakukan antara manajemen BRC dan tim IT BNPB Pusat untuk memastikan Sistem Contact Tracking dapat diterapkan sambil menunggu konfirmasi pembukaan konsep Safe Travel Bubble antara Singapura dan Bintan Resorts. Hasil pertemuan antara Tim BRC dan Tim IT BNPB Ahmad Alghozi setelah melakukan uji coba Sistem Contact Tracking akan di tindak lanjut oleh Alghozi untuk menyempurnakan Sistem Contact Tracking yang dikembangkan sesuai kebutuhan di lapangan.

Dennis Torio

Bintan Resort Cakrawala

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *