Blue Pass Pilihan Sistem Contact Tracing di Bintan Resorts

Bintan Resort Cakrawala (BRC) dan Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) Nasional bekerja sama dalam uji coba Sistem Contact Tracing yang disebut Blue Pass. Blue Pass merupakan Sistem Contact Tracing yang saat ini telah digunakan oleh negara Singapura.

Beberapa waktu lalu, Duta Besar (DUBES) Indonesia untuk Singapura Bapak Suryoprotomo meminjamkan sebanyak 500 unit alat Blue Pass kepada BNPB untuk dilakukan uji coba. Sampai sejauh ini, uji coba Blue Pass di kantor BNPB Pusat Jakarta memberikan hasil yang memuaskan yakni dapat dengan cepat melakukan tracing terhadap orang yang memiliki kontak erat dengan orang yang terkonfirmasi Positif COVID-19.

Uji coba Blue Pass kemudian dilakukan di kawasan pariwisata Bintan Resorts dibawah pimpinan Ahmad Alghozi, Pakar Teknologi Informasi BNPB pusat. Hasil dari uji coba di lagoi bersama BRC akhirnya dapat dilaporkan bahwa Blue Pass dapat melakukan kebutuhan Contact Tracing dengan cepat jika terjadi kasus Positif COVID-19. Selain itu, Alat ini juga dapat memastikan bahwa para pengunjung / karyawan tetap berada pada zona yang sudah ditetapkan.

Pembahasan Blue Pass Contact Tracing dengan Duta Besar Indonesia Untuk Singapura

Zoom meeting bersama Duta Besar (DUBES) Indonesia untuk Singapura Bapak Suryoprotomo

Rapat pertemuan dengan Duta Besar Indonesia untuk Singapura, BNPB Pusat, Kementerian Luar Negeri, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi KEPRI Bapak Buralimar dan BRC berlangsung melalui Zoom Meeting. Rapat ini bertujuan untuk pembahasan hasil uji coba Blue Pass di Kawasan Pariwisata Bintan Resorts dan penerapannya.

Alghozi melaporkan hasil uji coba Blue Pass sangat baik dan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh kawasan pariwisata Bintan Resorts. DUBES Indonesia untuk Singapura yang akrab dipanggil Tommy juga mendukung penggunaan Blue Pass ini agar segera dapat terealisasi di kawasan Bintan Resorts dengan harapan pengunjung Singapura dapat masuk ke kawasan pariwisata Lagoi dengan konsep Travel Bubble diantara kedua negara.

Tommy juga menambahkan bahwa Genting Dream Cruise merencanakan melakukan pelayaran mengunjungi pulau Bintan dan Anambas dengan konsep Day Trip Travel pada bulan Juni – Juli mendatang. Beliau mengharapkan agar Blue Pass sudah diterapkan di kawasan pariwisata Bintan Resorts sebelum bulan Juni sehingga dapat memberi keyakinan kepada Genting Dream Cruise untuk datang ke Bintan Resorts. “Kapal Cruise ini dapat membawa 2,500 penumpang untuk sekali jalan sehingga dapat membantu ekonomi pariwisata Bintan dan membangkitkan kembali usaha pariwisata yang sudah hampir setahun menurun drastis selama pandemik COVID-19” Kata Tommy.

Tommy memastikan bahwa beliau akan melakukan pembicaraan lebih lanjut kepada negara Singapura dan memberi keyakinan bahwa Bintan Resorts telah memberlakukan Protokol Kesehatan yang sangat ketat. Hal ini penting untuk menjadi pertimbangan kepada penduduk Singapura sebagai destinasi liburan yang aman dan nyaman. Kemudian melalui penerapan Blue Pass yang mana juga digunakan oleh penduduk Singapura, diharapkan dapat memberikan keyakinan terhadap pemerintah Singapura untuk memperbolehkan penduduknya untuk datang ke Bintan Resorts.

Dennis Torio
Bintan Resort Cakrawala

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *