BNPB Talkshow Wisata Aman COVID-19 Bersama Bintan Resorts

BNPB Talk Show Wisata Aman COVID-19 bersama Bintan

bintanresortcakrawala.com: Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) mengadakan acara Talkshow dengan tema “Wisata aman COVID-19” bersama Bintan Resorts. Acara ini mengundang pembicara Drs. Vinsensius Jemadu, MBA – Direktur Pemasaran Pariwisata Regional 1, Kemenparekraf. Selain itu, hadir juga Bupati Bintan Provinsi Kepulauan Riau, H. Apri Sujadi S. Sos via Zoom dan Abdul Wahab selaku Group General Manager Bintan Resorts.

Vinsesius membuka acara dengan menjelaskan bahwa ekonomi pariwisata mengalami dampak yang paling terpuruk akibat pandemik COVID-19. Oleh sebab itu, setiap lapisan masyarakat harus menerapkan pola hidup adaptasi kebiasaan baru dengan menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah yaitu hidup bersih, sehat dan aman atau yang dikenal CHS (Clean, health and safety). Vinsensius menambahkan bahwa produk pariwisata kedepan harus berkaitan dengan alam, kesegaran dan kesehatan tubuh.

Bupati Bintan, H. Apri Sujadi, S. Sos menyatakan kunci sukses Kabupaten Bintan menekan penyebaran COVID-19 adalah pola hidup CHS (Clean, Health and Safety). Masyarakat Bintan juga berkomitmen untuk terus menjalankan protokol kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru. Hal ini merupakan bentuk dukungan untuk membuka kembali sektor pariwisata Kabupaten Bintan khususnya kawasan Bintan Resorts. Apri menambahkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sangat bergantung pada sektor pariwisata yaitu 60% PAD berasal dari sektor pariwisata.

Apri meyakinkan bahwa kawasan pariwisata Bintan Resorts sudah sangat siap dibuka untuk masa adaptasi kebiasaan baru (New Normal). “Pengelolah kawasan Lagoi sudah memiliki protokol kesehatan yang berkualitas dan pengendalian screening pintu masuk yang ketat baik darat maupun laut” Tegas Apri. Selain itu, Apri menambahkan bahwa kawasan pariwisata Bintan Resorts merupakan kawasan terpisah dari pemukiman masyarakat (Gated Community). Hal ini memudahkan dalam pengendalian dan pengawasan protokol kesehatan oleh Gugus Tugas COVID-19 Bintan Resorts dan Kabupaten Bintan.

Group General Manager Bintan Resorts, Abdul Wahab menyampaikan terima kasih kepada pemerintah kabupaten Bintan yang memberikan dukungan dan kepercayaan penuh atas pembukaan kawasan pariwisata Bintan Resorts pada situasi New Normal. Abdul menambahkan daya tarik Bintan Resorts terletak pada aspek Matahari, Laut dan Pasir Pantai serta Senam (Sun…Sea…Sand dan Senam). Hal ini juga selaras dengan program pemerintah untuk mendorong produk yang bersifat alami, kesehatan dan kesegaran jasmani serta dilakukan di ruangan terbuka.

Sehubungan dengan pengendalian penyebaran pandemik COVID-19, Abdul menjelaskan bahwa kawasan Bintan Resorts merupakan Gated Community / wilayah tertutup seperti yang disampaikan oleh Bupati Bintan sehingga mempermudah dalam pengawasan protokol kesehatan. “Kedatangan internasional sebanyak 80% berasal dari Singapura melalui jalur laut. Turis dan kapal sudah dilakukan sanitasi terlebih dahulu di Singapura sebelum melakukan perjalanan menuju Bintan Resorts” Ujar Abdul.

Pemeriksaan suhu tubuh kepada setiap pengunjung yang akan masuk ke kawasan Bintan Resorts juga dilakukan di pintu masuk jalur darat. Selain itu, setiap karyawan yang bekerja juga dilakukan pemeriksaan suhu tubuh sebelum dan setelah bekerja. Abdul menambahkan bahwa beberapa bulan yang lalu, seluruh karyawan Bintan Resorts yang berjumlah 5.000 karyawan membuat kesepakatan bersama untuk tidak melakukan perjalanan mudik lebaran. Hal ini merupakan bentuk upaya nyata bahwa Bintan Resorts sangat serius dalam menghadapi pandemik COVID-19.

Sebagai pesan penutup, Apri menganjurkan seluruh masyarakat Bintan tetap menjaga kesehatan dengan olahraga yang teratur, asumsi vitamin dan istirahat yang cukup serta melakukan aktifitas yang positif. Kemudian, Abdul menyampaikan harus ada sinergi yang berkesinambungan antara pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat bersama – sama dalam mensukseskan pola hidup adaptasi kebiasaan baru. Vinsensius menutup acara dengan kembali menegaskan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan yaitu mengenakan masker wajah, jaga jarak (physical distancing) dan rajin mencuci tangan serta menjaga kelestarian lingkungan.

Dibawah ini adalah video Talk Show selengkapnya di channel Youtube BNPB Indonesia.

TV Pool Talkshow Wisata aman COVID-19 oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *